Senin, 28 Desember 2009

Istilah yang Digunakan dalam Per-Silah-an

PENGENALAN BEBERAPA ISTILAH
YANG BIASA DIGUNAKAN DALAM PENGGUNAAN PERSENJATAAN


01 Action - Kata ini dipakai untuk menjelaskan menaknisme penembakan seperti single action, double action, daouble action only. Dalam arti lain, loading dan unloading

02 Automatic - Kata untuk menjelaskan cara kerja senjata yang menggunakan tenaga yang diproduksi dari pembakaran amunisi dan terus berkelanjutan selama trigger di tekan dan amunisi masih tersedia di tempatnya (magasen)

03 Barrel - Tabung senjata yang berfungsi menuntun proyektil agar melesat sesuai arah target, maka semakin panjang barrel maka semakin akurat lesatan proyektil. Biasanya senjata yang ber-barrel panjang adalah senapan sniper

04 Balistic - Studi untuk mempelajari bagaimana proyektil meluncur

05 Bore - bagian dalam dari laras

06 Bullet - Merup[akan proyektil yang ditekan ke bagian atas dari tabung peluru.

07 Caliber - Menunjukkan diameter dalam laras. Khusus arteleri dan senjata AL, diameter menunjukkan panjang laras yang sering beragam. Contoh: Kaliber 5 inci 38, akan menggunakan larang sepanjang 190 inci. Kadang juga berarti sinonim dari peluru.

08 Carbine - Harfiahnya dipahami senapan laras pendek. Biasanya panjang laras 22 inci atau lebih pendek. Namun jangan disalah artikan dengan versi karabin M1 Garand yang desain dan amunisi yang digunakan jelas beda.

09 Cartride - gampangnya disebut peluru. Baik di senapan, carbine, pistol dan revolver, peluru terbagi atas empat bagian : tabung peluru, primer, mesiu dan proyektil.

10 Chamber - Bagian laras untuk menampung peluru. Chamber merupakan ruang perlintasan peluru saat di tembakkan .

11 Double Action only - Cukup sekali kokang, senjata akan bias terus menerus ditembakkan. Antara tembakan, pelatuk akan tertahan, tidak \ terkunci.

12 Hammer - Cara kerjanya persis seperti palu. Sesaat setelah petembak menaruk trigger, hammer akan mendorong firing pin untuk selanjutnya menekan primer. Dalam hitungan begitu cepat, terjadilah ledakan yang mendorong proyektil lepas dari selongsong.

13 Handgun - Senjata yang didesain hanya untuk pengoperasian satu tangan seperti pistol dan revolver.

14 Magazine - Alat untuk menumpuk peluru sebelum secara mekanik masuk kedalam chamber. Bentuknya bias fix atau bisa dilepas. Walau tidak tepat kadang disebut clip.

15 Magnum - Dari bahasa latin yang berarti ?more?. Kata ini dipakai untuk menjelaskan peluru berkecepatan tinggi jika dibandingkan dengan yang sejenisnya yang memiliki diameter serupa. Seperti .357 Magnum lebih cepat dari .38 Special.

16 Muzzle - Bagian depan tempat proyektil keluar

17 Parabellum - Bahasa latin yang berarti for war. Namun sebenarnya adalah peluru 9X9 mm yang didesain George Luger dan diadaptasi oleh AD Jerman pada 1908.

18 Primer - Merupakan bagian tengah peluru yang berbentuk lingkaran kecil. Bagian inilah yang ditekan firing pin hingga menimbulkan pembakaran. Kecepatan membakar sekitar 0.001-0.002 detik.

19 Single Action - Mengokang secara manual setiap sebelum menembak. Dalam pengertian pistol semiotomatis, berarti senjata harus dikokang sebelum penembakan pertama. Selanjutnya sejata mengokang mandiri, seperti Colt M 1911A1 dan Browning HP

20 Semiautomatic - Penjelasan untuk senjata yang menggunakan tenaga yang dihasilkan ketika senjata ditembakkan untuk menggerakkan mekanisme untuk penembakan selanjutnya, sejauh masih ada peluru. Senjata semiautomatis hanya akan bekerja jika trigger dipicu.

21 Sniping - Istilah militer untuk menembak target spesifik pada jarak jauh sekitar 400 ? 1.000 m

22 Trigger Weight - Perhitungan untuk mengukur sensitifitas trigger saat dikokang. Berat trigger senjata militer bias mencapai 3,5 kg



* Sumber : Majalah Angkasa, Edisi Koleksi Angkasa, Judul ? PISTOLS, RIFLES & MACHINE GUNS?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar